Senin, 28 Desember 2015

3 tips kenyamanan yang bisa diberikan ke anak anda

Keluarga adalah ruang dimana awal tempat dimana pertama kalinya kita belajar bagaimana cara bersosialisasi dengan sesame diluar sana. Kita belajar baik buruk dunia luar asalnya dari orangtua kita yang menjadi kepala keluarga. Pertengkaran didalam keluarga adalah faktor yang menimbulkan seorang anak bergaul dengan bebas diluar sana. Perasaaan seoarang anak yang selalu melihat bahwa situasi dirumah hanya sebuah kehancuran yang membuat dirinya merasa hanya direndahkan oleh perilaku orangutan nya. Oleh karena itu bukan hanya si anak yang perlu merubah sukap nya,namun sebagai orangtua juga perlu mengoreksi diri bahwa tidak selalu benar sikap yang dilakukannya itu.



Berikut adalah 3 tips agar si anak bisa nyaman untuk mencurahkan isi hati dan keluhan mereka :
1.       Didik anak-anak anda tanpa kekerasan

Jaman sekarang mungkin merasa apabila anak mereka di didik dengan main tangan,mereka akan sadar dengan perilaku mereka. Siapa bilang? Justru dengan perilaku orangtua yang seperti itu membuat si anak menjadi gampang untuk berbohong. Dalam suatu waktu misalkan si anak pulang tengah malam sehabis acaranya dengan temannya. Lalu si orangtua langsung memukul anak itu karenan amarah orangtua yang meledak-ledak. Hal ini akan membuat si anak akan mencoba hal agar dilain waktu ia tidak ketahuan dan dipukuli dengan orangtuanya adalah dengan melakukan kebohongan. Oleh karena itu,untuk para orangtua mulailah jaga tangan anda agar jangan main tangan dengan anak-anak anda.

2.       Didiklah anak-anak anda dengan perilaku kasih sayang

Kasih sayang sangat diperlukan untuk pertumbuhan si anak menuju pendewasaan. Mulailah untuk para orangtua agar mendidik anak-anak anda dengan kata-kata yang tidak membuat anak anda sakit hati. Banyak orangtua sekarang yang mendidik anaknya dengan membandingkannya dengan kakaknya atau teman sebayanya yang lebih unggul darinya. Hal ini mulailah dikurangi,karena potensi dari setiap anak anda berbeda dari oranglain. Ada anak yang unggul dibidang akademisi,ada yang dibidang atletik ataupun seni. Dan juga mulailah memberikan hal kecil untuk menunjukan kasih sayang anda. Satu conoh kecil yaitu : mulailah setiap pagi sebelum anak anda berangkat sekolah untuk membelai dan memeluk anak anda sambil memberikan motivasi kepada mereka. Hal ini akan memberikan motivasi bagi anak-anak anda.


3.       Tempatkan diri anda sebagai teman mereka

Mengapa saya bilang demikian? Anak akan terlihat perilaku sesungguhnya apabila mereka dekat dengan teman-teman nya. Baik buruk perilakunya akan terlihat apabila mereka sudah berte,u dengan kerabat dekat nya. Adanya kebebasan yang merasa si anak sangat bebas dan tidak ada yang memarahi atau membatasi dirinya. Jadi,buat para orangtua tempatkan lah pribadi kalian sebagai teman bagi anak-anak anda. Karena hal itu akan membuat si anak untuk mencurahkan isi hati mereka dengan bebas,karena bagi mereka kalian itu juga teman dekat mereka yang selalu memberikan solusi bagi kegalauan mereka.


Itu saja yang bisa saya bagikan agar anak-anak anda nyaman untuk tinggal didalam keluarga mereka. Sehingga,mereka bisa anggap bahwa setiap keluarga mereka adalah wadah kenyamanan buat mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar